Selasa, 21 September 2010

Dihancurkan Untuk Dijadikan Lebih Indah (Yeremia 18 : 1-17)

Dihancurkan= indah !

Yeremia 18:4 Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya.

Yeremia 18 : 1-17.

Seorang arsitek memesan selembar kaca cermin besar untuk menghias istana raja di Persia ( Iran ) , namun saat datang ternyata kaca tersebut pecah dan sang kontraktor bermaksud memesankannya kembali . Namun, sang arsitek jstru meminta kepingan kaca yang pecah itu untuk dikumpulkan dan justru lebih dihancurkan lagi menjadi kepingan lebih kecil dan kemudian dia mulai menyusun satu demi satu kepingan itu .

Ditangan sang arsitek , kepingan pecahan kaca yang tadinya akan dibuang itu tersusun sebuah karya mosaic yang sedemikian indah bahkan dikatakan sebagai “terindah di dunia“ yang saat ini ada dalam sebuah istana di Iran .

Dihancurkan untuk menjadi lebih indah ! demikian pujian sang raja Persia kepada sang arsitek .

Demikian juga kehidupan kita , seringkali jauh dari sempurna penuh dengan ‘retakan-retakan’ kekurangan , kegagalan , luka-luka hati karena pengkhianatan , terpuruk sehingga kehidupan kita hancur berkeping-keping tanpa pengharapan lagi sehingga hidup terasa begitu beratya .

Rasa putus asa menjadi ‘teman karib’ yang selalu hadir dalam kehidupan – “dimanakah Tuhan saat hidup hancur berkeping-keping ? “

Jujur seringkali kita meragukan akan kehadiran Tuhan saat bergumul dengan masalah, apalagi saat kegagalan menimpa dan meninggalkan trauma .

Pengkhianatan dan luka hati yang semakin mengoyak tak jauh berbeda dari cermin yang pecah , namun syukur ada Tuhan – Sang Arsitek Yang Agung !

Dia mengambil kepingan-kepingan yang pecah , memprosesnya dengan lebih menghancurkannya lagi dan kita patuh taat megikuti kehendak-Nya - maka hidup kita takkan sama lagi . Luka hati dipulihkan dan masa depan diubahkan degan bayang-bayang masa lalu dihapuskan menjadi masa depan penuh pengharapan . Pemulihan terjadi ! dan semua dikerjakan oleh Tangan Tuhan yang ajaib ! kita menjadi ciptaan yang baru yang indah dan mendatangkan pujian bagi Sang Pencipta ! ( JH ).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar