Minggu, 07 November 2010

Bolehkah Dibaptis 2x ? (Roma 6:3-5)



Doktrin : Baptisan

Pertanyaan apakah boleh seorang kristen dibaptis 2x (dua kali) itu hampir sama dengan apakah seorang pengikut Kristus boleh merokok atau tidak? Sama-sama tidak dijelaskan eksplisit dan terang2an, tetapi kita tahu bahwa Tuhan menjanjikan bahwa tidak ada satupun perkara yang tidak TUHAN nyatakan (Lukas 12:2), apalagi orang yang sungguh hati mencari dia. Untuk itulah, hikmat dibutuhkan untuk mencari tahu jawaban masalah ini.

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan boleh atau tidaknya dibaptis 2x, kita harus terlebih dahulu untuk benar-benar mengerti makna baptisan. Jika anda pada saat ini saja belum memahami arti dan makna baptisan, maka terlebih dahulu anda harus mengerti tentang baptisan itu sendiri, terlebih lagi pentingnya baptisan bagi orang Kristen.

Bagi setiap orang Kristen sesuai dengan Alkitab, saat dibaptis, bukan persoalan ritual belaka yang dikedepankan. Bukan juga hanya pada tatanan meminta hati nurani yang suci (1 Petrus 3:21), tetapi terlebih penting dari itu adalah kita dibaptis dalam kematian Yesus (Roma 6:3)!

Kalau begitu, jika anda dengan sengaja meminta baptisan ulang dengan alasan apa pun selain daripada ketidaktahuanmu, pada hakekatnya kamu sudah mempemainkan Yesus Kristus dengan memandang rendah makna kematianNya di kayu salib.

Orang yang melakukan hal itu biasanya adalah orang Kristen yang senang cari sensasi, ingin tampak rohani ataupun memang orang yang tidak mau menerima pengajaran yang baik (semoga saya salah).

Jika saat ini,sebagai seorang pendeta ataupun orang yang diberikan otoritas untuk membaptis, belajarlah menghargai TUHAN kita ! Jangan hanya karena ingin mendapatkan jemaat yang banyak, menyenangkan orang ataupun motivasi-motivasi lainnya anda kembali "menguburkan kembali TUHAN YESUS". Adakah DIA 2x (dua kali) mati ?


Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. (Roma 6:3-5)


Baca Juga Pentingnya Baptisan Selam

8 komentar:

  1. bagaimana kalau dibabtis ulang dalam rangka ingin peneguhan janji pada Tuhan untuk meninggalkan dosa, berhubung babtisannya disungai yordan?

    BalasHapus
  2. liana, tidak perlu baptisan ulang.. walaupun di mana pun ... tadi adakanlah sungguh-sungguh di dalam hatimu untuk benar-benar meninggalkan dosa ... peneguhan janji kita pada TUHAN tidak perlu dengan ceremonial saja.. tapi tindakan nyata di kehidupan kita ...

    thanks

    BalasHapus
  3. saya telah dibaptis , tpi saya msih trbelenggu oleh godaan iblis , dan saya ingiin benaar-benaar bertoubat , apakah sya bleh d baptis lagi ?
    Ato apa yg hrus sya lakukan utk mninggalkan dosa bsar sya ?

    BalasHapus
  4. @asa_cinta_yesus,

    tidak ada di Alkitab yang mengizinkan dua kali baptisan..

    baca Firman TUHAN karena di dalamnya terdapat kebenaran yang akan memerdekakanmu. Jika saat ini anda masih menyadari dosa besar yang anda lakukan, berarti anda mesti bersyukur anda masih diberikan kepekaan... masalahnya adalah di keputusanmu, biasanya dosa itu datang dan kita sudah diperingatkan TUHAN melalui hati kita,tetapi adalah keputusan kita yang menuruti ROH atau DAGING...

    Biasakan diri untuk disiplin baca Firman TUHAN , berdoa dan saat teduh...

    BalasHapus
  5. Bagaimana klo qta pd waktu bayi baptis percik dmna pd waktu itu tdk tahu apa2 tentang pengakuan dosa kita kpd Tuhan...padahal baptis adalah berasal dr baptiso artinya dicelupkan/ditenggelamkan yg sesuai dg alkitab dan sesuai dg teladan Tuhan Yesus yg dibaptis ole Yohanes di sungai yordan

    BalasHapus
  6. saya awalnya sudah dibaptis dan sidi setelah cerai sama
    istri saya masuk agama islam
    dan istripun islam.
    sekarang cerailagi.
    saya sekarang kembali
    ke kristen lagi.
    karena iman saya dikristen.
    dalam hal ini perlukah
    dibaptis ulang/kembali .
    tolong beri himbawan yang
    baik. terimakasih.atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Cukup bertobat sih menurut saya. Saya jd ingat dua orang penjahat, yg satu meminta Yesus untuk mengingat dia apabila nanti datang kembali sebagai Raja. Tapi Yesus malah menjawab, saat ini jg engkau akan bersama-sama dengan Aku di Firdaus.
      Si penjahat itu tidak mengalami babtisan secara ceremonial, tp mengalami babtisan dari kematian Yesus. :)
      Semoga bisa membantu pertanyaan sodara Yanse Yan

      Hapus