Minggu, 07 November 2010

Bolehkah Dibaptis 2x ? (Roma 6:3-5)



Doktrin : Baptisan

Pertanyaan apakah boleh seorang kristen dibaptis 2x (dua kali) itu hampir sama dengan apakah seorang pengikut Kristus boleh merokok atau tidak? Sama-sama tidak dijelaskan eksplisit dan terang2an, tetapi kita tahu bahwa Tuhan menjanjikan bahwa tidak ada satupun perkara yang tidak TUHAN nyatakan (Lukas 12:2), apalagi orang yang sungguh hati mencari dia. Untuk itulah, hikmat dibutuhkan untuk mencari tahu jawaban masalah ini.

Untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan boleh atau tidaknya dibaptis 2x, kita harus terlebih dahulu untuk benar-benar mengerti makna baptisan. Jika anda pada saat ini saja belum memahami arti dan makna baptisan, maka terlebih dahulu anda harus mengerti tentang baptisan itu sendiri, terlebih lagi pentingnya baptisan bagi orang Kristen.

Bagi setiap orang Kristen sesuai dengan Alkitab, saat dibaptis, bukan persoalan ritual belaka yang dikedepankan. Bukan juga hanya pada tatanan meminta hati nurani yang suci (1 Petrus 3:21), tetapi terlebih penting dari itu adalah kita dibaptis dalam kematian Yesus (Roma 6:3)!

Kalau begitu, jika anda dengan sengaja meminta baptisan ulang dengan alasan apa pun selain daripada ketidaktahuanmu, pada hakekatnya kamu sudah mempemainkan Yesus Kristus dengan memandang rendah makna kematianNya di kayu salib.

Orang yang melakukan hal itu biasanya adalah orang Kristen yang senang cari sensasi, ingin tampak rohani ataupun memang orang yang tidak mau menerima pengajaran yang baik (semoga saya salah).

Jika saat ini,sebagai seorang pendeta ataupun orang yang diberikan otoritas untuk membaptis, belajarlah menghargai TUHAN kita ! Jangan hanya karena ingin mendapatkan jemaat yang banyak, menyenangkan orang ataupun motivasi-motivasi lainnya anda kembali "menguburkan kembali TUHAN YESUS". Adakah DIA 2x (dua kali) mati ?


Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya. (Roma 6:3-5)


Baca Juga Pentingnya Baptisan Selam

31 komentar:

  1. bagaimana kalau dibabtis ulang dalam rangka ingin peneguhan janji pada Tuhan untuk meninggalkan dosa, berhubung babtisannya disungai yordan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda ingin me inggalkan dosa bukan dengan dibaptis 2x.tapi dengan komitmen anda dan berjanji pada Tuhan untuk meninggalkan dosa2 anda.dan datang kepada pendeta minta didoakan agar mujizat terjadi setelah itu stop untuk berbuat dosa GBU

      Hapus
    2. tapi mengapa paulus membabtis lagi orang yang sudah melakukan babtisan yohanes ?

      Hapus
    3. Karena Yohanes membaptis dengan air. Saat ini kita tidak hanya dibaptis dengan air, tetapi juga dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

      Hapus
  2. liana, tidak perlu baptisan ulang.. walaupun di mana pun ... tadi adakanlah sungguh-sungguh di dalam hatimu untuk benar-benar meninggalkan dosa ... peneguhan janji kita pada TUHAN tidak perlu dengan ceremonial saja.. tapi tindakan nyata di kehidupan kita ...

    thanks

    BalasHapus
  3. saya telah dibaptis , tpi saya msih trbelenggu oleh godaan iblis , dan saya ingiin benaar-benaar bertoubat , apakah sya bleh d baptis lagi ?
    Ato apa yg hrus sya lakukan utk mninggalkan dosa bsar sya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. babtis lagi itu boleh, ada di Alkitab. asal kita benar2 mau bertobat.

      Hapus
  4. @asa_cinta_yesus,

    tidak ada di Alkitab yang mengizinkan dua kali baptisan..

    baca Firman TUHAN karena di dalamnya terdapat kebenaran yang akan memerdekakanmu. Jika saat ini anda masih menyadari dosa besar yang anda lakukan, berarti anda mesti bersyukur anda masih diberikan kepekaan... masalahnya adalah di keputusanmu, biasanya dosa itu datang dan kita sudah diperingatkan TUHAN melalui hati kita,tetapi adalah keputusan kita yang menuruti ROH atau DAGING...

    Biasakan diri untuk disiplin baca Firman TUHAN , berdoa dan saat teduh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di Alkitab kok pak. Asal kita benar2 mau bertobat.

      Hapus
  5. Bagaimana klo qta pd waktu bayi baptis percik dmna pd waktu itu tdk tahu apa2 tentang pengakuan dosa kita kpd Tuhan...padahal baptis adalah berasal dr baptiso artinya dicelupkan/ditenggelamkan yg sesuai dg alkitab dan sesuai dg teladan Tuhan Yesus yg dibaptis ole Yohanes di sungai yordan

    BalasHapus
  6. saya awalnya sudah dibaptis dan sidi setelah cerai sama
    istri saya masuk agama islam
    dan istripun islam.
    sekarang cerailagi.
    saya sekarang kembali
    ke kristen lagi.
    karena iman saya dikristen.
    dalam hal ini perlukah
    dibaptis ulang/kembali .
    tolong beri himbawan yang
    baik. terimakasih.atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Cukup bertobat sih menurut saya. Saya jd ingat dua orang penjahat, yg satu meminta Yesus untuk mengingat dia apabila nanti datang kembali sebagai Raja. Tapi Yesus malah menjawab, saat ini jg engkau akan bersama-sama dengan Aku di Firdaus.
      Si penjahat itu tidak mengalami babtisan secara ceremonial, tp mengalami babtisan dari kematian Yesus. :)
      Semoga bisa membantu pertanyaan sodara Yanse Yan

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. syalom

    saya mau bertanya bagaimana jika seseorang pernah di baptis tapi orang itu hanya ikut"tan dan orang belum terlalu mengerti tentang baptisan
    dan berjalannya waktu
    orang itu mengerti apa artinya dibaptis
    dan menyesali telah dibaptis
    dan orang itu ingin baptis ulang tapi orang itu tidak tahu apakah itu benar atau salah

    dan orang itu sudah terlanjur dibaptis ulang tapi orang itu sudah mengerti apa itu baptis

    saya ingin tahu apakah itu salah atau benar

    BalasHapus
  9. Kasus "baptisan ulang" pernah terjadi di era Perjanjian Baru, mereka yang sudah dibaptis oleh Yohanes Pembaptis kemudian dibaptis oleh para rasul:


    * Kisah Para Rasul 19:3-5
    19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: "Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?" Jawab mereka: "Dengan baptisan Yohanes."
    19:4 Kata Paulus: "Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus."
    19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.

    BalasHapus
  10. Saya mau tanya.. waktu itu ada KKR di kota saya trus mereka bilang yang belun di baptis boleh di baptis disini.. trus saya mengikuti orang"yang belum di baptis itu untuk dibaptis dan saya telah di baptis.. mama saya sudah tau,saya di baptis di gereja yang bukan saya masuk, tapi agamanya sama" pantekosta.. dan saya ingin di baptis ulang di gereja saya,apakah itu boleh? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. Aku HKBP, dan aku pernah dibaptis pas ada KKR disuatu tempat, katanya siapa yg ingin dibaptis boleh maju. Pada waktu itu aku belum tau tentang pembaptisan, bisa dibilang aku cuma ikut-ikutan. Trus aku maju, dan dibaptis selam. Tak ada seorangpun yg tau kalau aku sudah dibaptis selam, bahkan orang tuaku. Aku takut, sementara orang tuaku sekarang sudah memintaku untuk malua di gereja kami HKBP. Jujur, bisa dibilang aku menyesal dan merasa bodoh karena tidak memiliki cukup pengetahuan tentang baptisan saat itu. Aku ingin sekali dibaptis di gerejaku sendiri. Tapi aku takut, aku sering kali mendengar dan membaca kalau dibaptis 2x dosanya tidak terampuni lagi karena menyangkal Tuhan tuk ke 2 kalinya. Apa yg harus kulakukan, aku dalam keadaan yg sangat bingung memikirkan hal ini. Mohon bantuan arahannya kepada bapak/ibu sekalian.
    Saya ingin cerita banyak tentang ini, mohon balas di wa saya: 082277848490 karena saya takut lupa artikel ini.
    Terimakasih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Kalau dibaptis mendadak itu tidak benar.karna sebelum dibaptis kita iku pemahaman alkitab.kita menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat kita dan mengerti arti makna kematian Tuhan Yesus dan dikuburkananda perlu dibaptis ulang karna waktu di kkr anda belum ada bekal tentang janji Tuhan tentang keselamatan dan menerima Tuhan sebagai juru selamat satu2 nya.karna watu kkr anda belum menerima pemahaman alkita (katekisasi )

      Hapus
  12. Apakah di acara KKR itu kamu dibaptis atas nama Allah Tritunggal.? Kalau iya, maka katakan saja sama pendetanya. HKBP gereja protestan, protestan tidak membaptis lagi jika sebelumnya sudah pernah dibaptis atas nama Allah Tritunggal. Kalo mw sharing wa aja 082186872826

    BalasHapus
  13. Saya sudah dibaptis di gereja asal saya. Suatu ketika saya pergi ke gereja lain sekian lama dan dari awal saya merasa tarikan yang sangat kuat untuk beribadah di gereja baru ini, bukan karna godaan lain tapi semata2 karna saya merasakan benar2 hadirat Tuhan melingkupi saya ketika saya beribadah di gereja baru ini dan entah kenapa seperti Tuhan memanggil saya untuk ikut dalam pelayanan digereja ini, tapi di gereja itu diharuskan di baptis di gereja itu baru bisa ikut pelayanan. Saya bingung, saya merasa Tuhan benar2 memanggil saya untuk pelayanan digereja baru ini, tapi disatu sisi saya menentang baptisan dilakukan lebih dari satu kali. Kira2 saya harus gimana ya? Tolong bantu jawabannya. Terimakasih

    BalasHapus
  14. Saya mau bertanya, waktu bayi saya sudah di baptis percik, apakah boleh saya baptis selam pada saat dewasa?

    BalasHapus
  15. Saya mau tanya teman2, jika saya merasa pernah dibaptis selam tetapi lupa dan mungkin belum merasa di baptis, apakah boleh di baptis lagi ?

    BalasHapus
  16. Yang menulis artikel ini tolong hubungi saya saya ingin konseling tentang apa saya alami tentang baptisan🥺 ini no wa aku 082395434560

    BalasHapus
  17. Salom,.saya mau tanya,.saya sudah baptis di gereja asal saya,yaitu baptisan percik,..saya sudah menika dan suami saya orang GBI,sekarang saya ikut gereja bersama suami saya.yg jadi permasalahan bagi saya,saya tidak di layani perjamuan kudus,alasannya karna saya belum di baptis selam.

    BalasHapus
  18. Saat SMP saya sudah di babptis ketika ada KKR yang dilakukan oleh oleh gereja saya waktu itu, namun dalam perjalanan waktu salah satu keluarga saya menghubungi gereja dan meminta sertifikat baptis saya, namun pihak gereja/pendeta menyatakan dia tidak punya record saya dibaptis sehingga tidak bisa memberikan sertifikat baptis.
    Dalam kondisi ini apa yang harus saya lakukan apakah saya harus dibaptis ulang atau bagaimana?
    Sementara menurut yg saya imani baptisan hanya 1x, namun jika spt ini saya tidak akan memiliki dokumen baptis padahal surat baptis ini diperlukan utk urusan administrasi gereja : pindah, menikah, baptis anak, dll.

    Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
  19. saya sudah dibaptis di HKBP, saya diminta dibaptis selam sama calon saya. sementara yang saya tau baptisan hanya dilakukan sekali. mohon pencerahannya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.