Selasa, 07 Desember 2010

Ancaman Terbesar Manusia (Mengenal Pola Kerja Iblis)



Efesus 6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.


Menurutmu apa ancaman paling besar di dalam hidupmu saat ini? Apakah pencurian? pembunuhan? terorisme? perang? kemiskinan? penganiayaan dan kematian fisik?
Jika ya, bukankan TUHAN YESUS telah menyatakan :


Mat 10:28 Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.


Jelas dikatakan TUHAN YESUS bahwa bukan hal itu yang perlu ditakuti? Saat ini dunia sedang dialihkan dan diperdayai untuk khawatir dan takut akan perang antar negara, terorisme, harga BBM dan barang semakin naik dan ketakutan-ketakutan fisik lainnya. Ancaman yang paling nyata dan musuh bagi dunia, terutama kepada orang percaya adalah 3 hal yang telah dikatakan Alkitab :


1 Yoh 2:15 Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.
1 Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.


Dengan kata lain, ancaman terbesar yang bisa membunuh jiwa kita adalah keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup. Dunia yang untuk sementara ini dikuasai Iblis sengaja mengecoh manusia sehingga kita tidak sadar akan ancaman kematian kekal yang ada.

Perkembangan media, internet, tv, musik, film dipakai oleh Iblis sebagai sarana untuk terus menerus mencuci otak manusia dengan memikat keinginan-keinginan kita. Ketika pikiran dan alam bawah sadar manusia dikuasai oleh Iblis, disanalah karakter manusia semakin diubahkan menuju kejahatan .


Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut. (Yakobus 1:14-15)


Hidup manusia semakin egosentris. Ketika manusia berpusat pada diri sendiri, kompetisi antar individu terjadi, akibat lainnya adalah saling tidak percaya. Rasa aman hilang, manusia saling mengkhianati satu dengan yang lain, pada akhirnya manusia akan menjadi pribadi yang jahat. Jika jiwa manusia sudah dikuasai oleh Iblis, maka manusia menjadi seteru Allah.


Yoh 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan



So, waspadalah senantiasa. Tokoh-tokoh seperti Hitler, Stalin, Mao Tze Tung, Polpot, Osama Bin Laden dan tokoh-tokoh diktator lainnya hanyalah boneka kecil dari sebuah konspirasi kerajaan Setan. Yang tidak kelihatan lebih berbahaya daripada yang kelihatan. Iblis yang telah berpengalaman jutaan tahun dalam menyesatkan manusia tentulah bermetamorfosis dan berinovasi dengan bentuk kejahatannya. Tapi 3 hal yang merupakan pola kerjanya telah terdeteksi sejak awal dan merupakan pola tetapnya adalah menyesatkan manusia untuk jatuh dalam keinginan mata, keinginan daging dan keangkuhan hidup.

3 Pola ini berhasil menyesatkan Adam dan Hawa, tapi 3 pola ini tidak berhasil dipraktekkan melawan Yesus Kristus di padang gurun ketika Yesus berpuasa 40 hari 40 malam lamanya.


Resep yang paling mujarab ada di Efesus 6:13


Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.
Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,


Jangan lengah !


1 Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar