Minggu, 17 Mei 2009

"Ikutlah Aku" Atau Kamu Akan Terlewatkan !



Prakata



Saudara-saudara, dari kedua murid kesayangan Yesus Kristus, sebagian besar seperti yang tertulis di Injil menceritakan sebuah respon yang baik kepada TUHAN YESUS.
Petrus, Andreas, Yohanes, Yakobus adalah beberapa contoh dari orang-orang yang berani MENGAMBIL KEPUTUSAN di dalam hidup mereka. Meskipun pada saat tangkapan ikan yang banyak mereka dapatkan (DENGAN BANTUAN TUHAN YESUS), mereka tidak terfokus dengan hasil tangkapan yang besar.
Mereka tidak menjadi RAKUS oleh tangkapan ikan yang HAMPIR MEROBEKKAN JALA.

Secara manusiawi, tentu sebenarnya mereka bisa saja menjadi terfokus kepada materi dan tidak bersedia ikut TUHAN YESUS.
Tapi mereka memilih KEPUTUSAN YANG TEPAT, mereka justru meninggalkan tangkapan ikan yang banyak, dan membiarkan orang lain yang menikmati HASILNYA.

Di Alkitab PL, nabi Elisa juga merupakan sebuah contoh PENGAMBIL KEPUTUSAN YANG TEPAT. Nabi Abraham, bapa beriman JUGA MENJADI SEORANG TELADAN yang sangat baik.
Musa menjadi tokoh selanjutnya, dan masih banyak lainnya lagi.

BAGAIMANA DENGAN KITA?

Sebagaimana kita tau, HARTA merupakan batu ujian yang paling berat di setiap kehidupan manusia, bukan hanya orang Kristen.
Yudas terjatuh di dalam kasus ini dan konsekuensinya sangat besar, neraka adalah HARGA yang harus dibayar karena PENYEMBAHAN TERHADAP MAMON.
Padahal kemah abadi sudah disediakan untuknya yang dipersiapkan sendiri oleh TUHAN YESUS.


Kisah Para Rasul 1:20 "Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.


Tuhan tidak pernah melarang kita hidup dalam kekayaan. Salomo adalah contoh orang yang diberkati dalam hal finansial.
Tetapi yang harus diperhatikan adalah kita tidak boleh MELEKAT kepada HARTA. Ingat, dimana hartamu berada, di situ hatimu berada.
Tuhan tidak mau diduakan. Kita mesti memilih, MAMON atau TUHAN??


Zakheus



Harta yang didapatkan tidak dengan cara yang tepat akan membawa manusia ke ujung malapetaka. Tetapi pengampunan TUHAN tetap berlaku asalkan ada keputusan untuk bertobat daripada dosa-dosa tersebut.
Zakeus mengambil jalan yang tepat, dia malahan bersiap "RUGI"dan konsekuensinya dia jatuh miskin untuk membayar sebuah harga pertobatan.

Luk 19:8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."


Tetapi apa yang didapatkannya kembali sangat sepadan dengan KEPUTUSANNYA tsb.

Luk 19:9 Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.


Ketika niat hatinya untuk mencari YESUS saja, TUHAN YESUS sudah memperhitungkannya sebagai sebuah kebenaran. Seorang pria pendek berhasil memanjat pohon yang tinggi hanya untuk melihat wajah sang Juruselamat.

TUHAN YESUS MENUMPANG di rumahnya ! TUHAN YESUS tidak hanya duduk dan makan di rumah Zakheus.


Luk 19:5 Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."


Zakheus adalah salah satu contoh orang tidak terlewatkan oleh rawatan TUHAN YESUS menjelang hari-hari terakhirNYA di dalam karir pelayananNYA di dunia.
Pada saat itu, Yesus yang sebenarnya hanya melewati YERIKHO untuk menuju ke YERUSALEM diikuti berbondong-bondong keramaian orang,

Saat ini ketika kedatangan TUHAN YESUS yang semakin dekat, ketika ALLAH melawat umatNya di hari-hari terakhir, apakah kita juga mempunyai sikap hati seperti Zakheus yang dengan segala daya upaya untuk mendapatkan TUHAN YESUS.
Apakah kita berani untuk mempertaruhkan kehormatan, kekayaan, kenyamanan dan harga diri kita demi BERTEMU TUHAN YESUS? Apakah kita juga akan mengundang DIA ke dalam hati kita dengan bersungguh-sungguh?

Ingat, untuk orang yang sekarang suam-suam kuku, Dia sedang mengetuk pintu hatimu !
Apakah kita membiarkan pribadi yang telah disalibkan untuk kita BERDIRI DI LUAR? Membiarkan DIA kedinginan?


Wahyu 3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.


Saudara-saudara, jangan sampai DIA kemudian mencari "TUMPANGAN" lain dan anda dilewatkan ! Kalau ada kesempatan kedua, puji TUHAN, tetapi kalau tidak, jangan salahkan TUHAN.

Yesaya 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!


Matius



Sekarang mari kita belajar dari kisah hidup, Matius alias Lewi anak Alfeus adalah orang yang juga cukup beruntung dan membuat satu keputusan yang tepat.
Seringkali orang yang hidup di dalam dosa, mereka sangat sukar sekali untuk berani ambil keputusan untuk mengikuti YESUS kalau mereka tidak dalam keadaan yang "terjepit".
Tetapi ketika semua sudah habis, barulah mereka datang mencari TUHAN dengan sungguh-sungguh.

Tidak sama halnya dengan Lewi si pemungut cukai. Saat dipanggil untuk mengikuti TUHAN YESUS, dia masih bergelimangan harta dari dosa-dosanya. Mungkin saat itu Lewi alias Matius sedang menghitung jumlah hasil
pemerasannya terhadap rakyat. Uang yang ada di tangannya pastilah berjumlah besar. Sama halnya dengan Zakheus, profesi mereka dianggap sebagai PENGKHIANAT BANGSA.

Ketika Yesus berjalan lewat di "depannya" dan memanggilnya dengan perkataan yang penuh challenge : "IKUTLAH AKU", dia langsung BERDIRI dan MENGIKUTI YESUS.
MUNGKIN KESEMPATAN KEDUA TIDAK AKAN TERJADI LAGI KALAU MATIUS TIDAK MENANGGAPI PANGGILAN TUHAN YESUS. Saudara-saudara, TUHAN YESUS tidak banyak basa-basi pada saat itu !!!
YESUS hanya berjalan melewatinya dan mengeluarkan hanya sepotong kalimat yang pendek.

Saat ini ketika para penginjil, teman-teman, saudara-saudaramu mengabarkan Injil kepada anda, bahkan mereka mungkin sampai mengorbankan waktu, mengeluarkan biaya, merendahkan diri mereka hanya untuk membawa anda kepada YESUS KRISTUS,
anda seharusnya menanggapi panggilan SORGAWI ini dengan cepat. Jangan sampai kesempatan demi kesempatan terbuang percuma, waktu semakin sempit, dunia semakin jahat, usia kita semakin bertambah tua...
Jangan menjadi orang Kristen yang suam-suam kuku juga jikalau saat ini anda yang walaupun berlabelkan Kristen, namun masih menyimpan dosa dan sedang dililit oleh Mamon.

Dampak dari keputusan Matius ini sangat besar, orang-orang seprofesinya dimenangkan, bahkan orang-orang berdosa lainnya (profesi lain, jenis dosa lainnya) pun bergabung MAKAN bersama TUHAN Yesus Kristus.

Ikutlah pilihan Yosua, maka sekeluargamu juga akan diselamatkan karena pilihanmu:

Yosua 24:15 Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"


Keputusanmu hari ini akan menentukan kehidupanmu selanjutnya dan kehidupan orang di sekitarmu!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar