Rabu, 20 Oktober 2010

Panggilan dan Respon (Panggilan Umum Yesus Kepada Umat Percaya)

PANGGILAN UMUM KEPADA SEMUA UMAT PERCAYA




Yoh 6:38 Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.




Saudara, apakah anda tau bahwa anda diciptakan bukanlah sebuah kebetulan? Taukah bahwa anda diciptakan dengan sebuah proses yang lebih mulia daripada jenis-jenis mahkluk hidup lainnya? Saya yakin di sekolah anda sudah sering mendengar bahwa manusia mempunyai kelebihan dibandingkan dengan ciptaan lainnya yang diciptakan oleh TUHAN.

Dengan proses penciptaan yang lebih istimewa daripada ciptaan lain (baca Kitab Kej 2:7), maka pastilah ada MAKSUD dan TUJUAN khusus yang diberikan oleh TUHAN Allah kepada kita. Maksud dan Tujuan Itulah PANGGILAN yang diberikan oleh TUHAN kepada kita.

Lalu apakah PANGGILAN yang diberikan oleh TUHAN kepada kita di zaman ini?
PANGGILAN yang diberikan oleh TUHAN Allah di zaman ini tidaklah sama dengan PANGGILAN yang diberikan oleh TUHAN Allah kepada Adam untuk menjadi khalifah dari semua mahkluk di muka di bumi seperti dikatakan nas kitab suci:


Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."


Ketika Adam diberikan misi untuk menaklukkan bumi beserta isinya, ada satu otoritas penyertaan TUHAN di dalamnya. Tetapi seperti kita tahu, Adam gagal di dalam mewujudkan panggilan Allah di dalam hidupnya (baca Kej 3).

Konsekuensi dari kegagalan Adam dan Hawa yang jatuh ke dalam dosa adalah jatuhnya BUMI dan segala isinya ke tangan Iblis. Akhirnya dosa mulai bekerja semenjak kejatuhan Adam dan Hawa. Dosa itu terus menerus menjalar di muka bumi ini. Setiap manusia di dunia yang lahirpun dilahirkan dengan AKAR DOSA yang tidak bisa disembuhkan. Sampai detik inipun dosa terus bekerja di muka bumi ini.
Jika anda tidak percaya, perhatikan saja kehidupan dari zaman ke zaman, apakah makin baik atau makin buruk?

Bersyukur kepada Allah Bapa yang mengirimkan anakNya yang tunggal untuk mengalahkan dosa tersebut.
Hanya dengan percaya dan menerima AnakNya yang tunggal yang bernama Yesus Kristus sebagai TUAN di hati kita, kuasa dosa ditaklukkan. Siapa saja yang percaya dan menerima Dia akan diberikan keselamatan dan kuasa untuk mengalahkan dosa.


Yoh 8:52 ... namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.
Yoh 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya


Tetapi seperti kita tau dari pembacaan Alkitab, tugas pelayanan Yesus Kristus di muka bumi ini yang hanya 3,5 tahun belumlah final. Tapi perlu diingat, meskipun pelayananNya singkat, tapi MAUT telah dia kalahkan. Itulah misi pokok kedatanganNya di muka bumi.

Kita, sebagai orang percaya, yang telah menerima Dia, kitalah melanjutkan karya-karya pelayanan yang telah Ia pertontonkan kepada murid-muridNya. Murid-murid yang telah Ia berikan HIDUPNYA menjadi penerus dari misi besarNya yaitu karya penyelamatan kepada semua umat manusia dengan pemberitaan Injil.


Mar 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
Mar 16:20 Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.


Alkitab juga mencatat begitu TUHAN YESUS naik ke sorga, murid-muridNya melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka oleh TUHAN YESUS dengan begitu dahsyat. Selanjutnya dari generasi ke generasi, pemberitaan Injil terus diberitakan. Injil terus menerus disebarkan ke segala penjuru dunia (dan akan sampai pada kedatangan Yesus kedua kalinya (ITU PASTI TERGENAPI).

Selanjutnya, tongkat estafet itu sekarang terletak pada kita. Kita yang sudah menerima Dia, dibaptis di dalam Dia, diselamatkan di dalam namaNya, yang harus melanjutkan pemberitaan Injil tersebut.


Efesus 2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya.
Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.


Sebagai orang percaya, YESUS tidak hanya ingin kita menjadi orang percaya saja. Dia ingin kita mengikuti teladanNya. Dengan cara seperti itulah kita menjadi muridNya. Panggilan yang Dia berikan kepada Petrus dan Andreas, Yohanes dan Yakobus, Matius, panggilan yang sama juga Dia berikan kepada kita.

Cara untuk menghargai pencipta kita dan menghargai keselamatan yang telah diberikan cuma-cuma lewat penebusan Kristus Yesus adalah dengan mengerjakan keselamatan yaitu melakukan kehendak Bapa dan berusaha menggenapinya di dalam hidup kita yang singkat ini seperti kerinduan hati Yesus:


Yoh 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.


Saudara-saudara, apa yang menjadi pikiran Kristus Yesus, itu semestinya juga menjadi pikiran kita. Apakah yang menjadi kerinduanNya, semestinya itupun menjadi kerinduan kita.


Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,


Nah, sampai sekarang tahukah panggilanmu? Lalu apakah anda meresponi PANGGILAN tersebut?

Sebuah panggilan tanpa dibarengi dengan respon seumpama seorang yang lagi menelpon tetapi tidak mendapatkan jawaban.
Jika kita tidak menanggapi panggilan dengan respon hati kita, pada dasarnya kita telah menganggap enteng keselamatan yang Dia berikan kepada kita dengan cucuran darah di atas kayu salib.
Bayangkan jika seorang teman yang telah mempertaruhkan nyawa kepada kita tetapi mengkhianati janji kita kepadanya ketika dia meminta kita melakukan sesuatu yang berguna bagi dia. Begitu juga dengan panggilan TUHAN kepada orang percaya, jika kita tidak meresponnya, kita ibarat manusia yang tidak tahu terima kasih. Manusia-manusia dengan mentalitas seperti itu pada akhirnya menjadi orang yang cepat murtad ketika suatu masalah terjadi di dalam hidupnya.
Dan hal ini memang sudah terjadi dan terus akan terjadi.


Mat 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."


Di ayat di atas jelas TUHAN YESUS menyatakan banyak orang yang dipanggil olehNya, tetapi sedikit yang merespon panggilanNya.

Saudara-saudara, mari sekali lagi kita merenungkan apa tujuan hidup kita sebagai orang Kristen.


Yoh 14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
Yoh 14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Yoh 14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
Yoh 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.


Apakah anda mengasihi Yesus yang telah mengasihimu?

Markus 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar