Rabu, 01 April 2009

Jadilah Terang dan Garam Dunia - Bagian #1

PROSES DIBALIK GARAM DAN TERANG

Beberapa ayat mengenai terang dan garam dunia sangat populer di telinga seluruh umat Kristiani di seluruh dunia.
Tapi janganlah hanya populer di telinga, tapi menurut TUHAN YESUS, kita harus menjadi garam dan terang dunia tersebut. Jadi, atribut setiap orang Kristen adalah GARAM dan TERANG. Itu adalah harga mati.

Berbicara mengenai garam dan terang adalah berbicara mengenai FUNGSI,EFEK/DAMPAK,KWANTITAS,PENEMPATAN/POSISI. Ok, mari kita bicarakan mengenai hal-hal tersebut di artikel selanjutnya.

Artikel kali ini tidak kalah penting saya ingin mengajak seluruh umat Kristen untuk menyadari GARAM dan TERANG tidak dihasilkan dengan sendirinya, ada mekanisme dan proses yang melatarbelakangi proses terjadinya GARAM dan TERANG, jika anda SADAR akan hal ini, anda akan sadar bahwa GARAM dan TERANG tidak dihasilkan sendirinya langsung jadi alias instant.

GARAM dihasilkan dari air laut, air laut mengandung berbagai partikel, tidak seluruhnya adalah GARAM.

Proses pembuatan garam:

1. Memakan WAKTU yang cukup lama
2. Melalui proses teriknya sinar matahari
3. Harus ditempatkan di tempat khusus / area khusus yang kondusif yang biasa di sebut tambak.
4. Harus dihindarkan dari hujan, oleh karena itu haruslah diberikan atap pelindung sehingga terlindung dari air yang akan kembali melarutkan cikal bakal garam sehingga proses akan terganggu lagi. (Memang karakteristik garam adalah larut dalam air, tapi harus di tempat yang tepat dan waktu yang tepat).


Untuk ayat mengenai TERANG, YESUS KRISTUS menggunakan contoh PELITA.


Proses terang pelita:

1. Harus ada minyak
2. Sumbu yang tebal
3. Wadah yang kokoh, jangan yang terbuat plastik.


Jadi, dari artikel ini, saudara2 bisa merenungi untuk menjadi terang dan garam dunia tidaklah bisa secara instant, ada berbagai ujian, filterisasi, perangkat lain yang melengkapi.

KIta tidak bisa menjadi TERANG dan GARAM dunia kalau kita tidak dapat / tidak mau melalui berbagai proses, mungkin kita akan tertelan oleh KEGELAPAN ataupun EFEK yang kita bawa tidak cukup berarti MEMBERIKAN PERBEDAAN di mana kita berada.



Matius 5:13-16

Mat 5:13 "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.
Mat 5:14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
Mat 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
Mat 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar